Wisata Goa Jatijajar Kebumen Yang Menajubkan

Wisata Goa Jatijajar Kebumen Yang Menajubkan - Berwisata di alam sudah tentu mempunyai daya tarik tersendiri yang tentunya menyenangkan bagi sebagain besar orang. Kebumen menjadi salah satu kota dengan banyaknya Goa alami yang bisa ditemukan di sana yang salah satunya adalah Goa Jatijajar. Goa ini menjadi salah satu tempat wisata di Kebumen yang paling banyak dikunjungi oleh pelancong pada tiap tahunnya. Gua Jatijajar merupakan goa yang pada mulanya ditemukan oleh seorang petani yang secara tidak sengaja terperosok masuk ke dalam pintu goa tersebut.

obyek Wisata Goa Jatijajar Kebumen
Goa Jatijajar Kebumen
 Salah satu legenda yang terkenal di Goa Jatijajar ini adalah Legenda Kaandaka atau yang terkenal dengan sebutan lutung kasarung. Nama goa Jatijajar ini juga mempunyai kaitan erat dengan legenda tersebut. Salah satu hal yang menarik dari tempat wisata di Kebumen ini adalah 2 sendang yang dipercayai bisa membuat awet muda. 2 sendang tersebut bernama sendang mawar dan juga sendang kantil, kedua sendang ini berada di dalam goa sehingga jika ingin membasuh muka dengan air dari kedua sendang tersebut maka diharuskan untuk masuk terlebih dahulu ke dalam gua. 

Selain sendang mawar dan juga sendang kantil, terdapat pula sendang lain yaitu sendang Jombor dan juga sendang Puserbumi. Berbeda dengan sendang mawar dan juga sendang kantil, sendang Jombor dan sendang Puserbumi dikeramatkan oleh para penduduk dan hanya dengan ijin pengelola saja maka orang- orang tertentu boleh memasukinya. Menurut kepercayaan yang beredar, konon siapa saja menaruh sesaji dan berdoa di kedua sendang tersebut, maka doa atau segala hal yang menjadi keinginannya bakal dikabulkan.

Wisata Goa Jatijajar Kebumen jawa tengah
Goa Jatijajar Kebumen
 Goa Jatijajar bukan hanya menyajikan panorama goa saja melainkan penambahan tamanyang asri serta taman bermain yang mampu menambah semarak tempat tersebut. Taman tersebut diberi nama pulau Kera hal dikarenakan banyaknya patung kera yang terdapat disana yang tentu saja patung- patung tersebut masih berkaitan erat dengan legenda lutung kasarung.

Goa jatijajar ini mempunyai panjang sekitar 250 meter dan sudah tentu para wisatawan akan merasa kelelahan setelah berjalan mengitari goa tersebut. Namun rasa lelah anda dijamin terobati dengan menjajal makanan- makanan ringan yang tersaji disana seperti pecel dan juga dawet cendol yang dijual dengan harga yang relatif murah disana. Selain itu mengingat anda sudah berada di wilayah Kebumen jangan lupa mampir untuk mencicipi kuliner khas sana yang bisa anda temukan di pinggiran jalan yaitu sate ambal dan juga es legen. Di Goa Jatijajar memang jarang bisa ditemukan penginapan ataupun hotel yang bisa digunakan untuk bermalam namun anda bisa menemukan hotel ataupun tempat bermalam di daerah Gombong yang akan anda lewati sebelum akhirnya memasuki area Goa ini.

0 Response to "Wisata Goa Jatijajar Kebumen Yang Menajubkan"