Macam Kuliner khas Wonogiri Jawa Tengah

Kuliner khas Wonogiri - Jalan- jalan di Wonogiri, sudah tentu tidak lengkap jika anda hanya sekedar jalan- jalan dan tidak mencoba berbagai macam kuliner asli dari kota tersebut. Macam- macam kuliner dari Wonogiri yang paling terkenal adalah nasi tiwul, pindang kambing, jangan lombok ijo dan juga cabuknya.

Macam Kuliner khas Wonogiri Jawa Tengah
Nasi tiwul
1.Nasi tiwul
Makanan ini merupakan salah satu makanan khas dari Wonogiri yang banyak dicari oleh para pendatang yang tentunya ingin merasakan rasa dari nasi yang berwarna hitam kecoklatan. Berbeda dari nasi putih yang biasa kita makan, nasi tiwul ini dibuat dengan  bahan dasar singkong. Cara membuatnya memakan waktu yang lumayan lama dan tergandtung pada panasnya terik matahari. Bahan utama singkong tersebut harus dikeringkan terlebih dahulu hingga benar- benar kering untuk kemudian ditumbuk. Hasil dari tumbukan tersebut diberi nama tepung gaplek yang kemudian akan ditanak hingga menjadi tiwul. Bagi mereka yang tidak biasa, akan lebih baik jika saat memakan nasi ini dicampur dengan nasi putih agar perut kita yang tidak terbiasa tidak akan merasa panas setelah memakannya. Untuk memakan nasi ini, biasanya dilengkapi dengan sambal, ikan asin atau dengan cabuk yang merupakan salah satu makanan khas Wonogiri juga.  Baca  : Kuliner Khas Purwodadi 

Macam Kuliner khas Wonogiri Jawa Tengah
Pindang kambing
2. Pindang kambing
Pindang kambing merupakan makanan yang terbuat dari adonan tepung gaplek dan seperti yang disebutkan diatas, tepung gaplek berbahan dasar singkong yang telah dikeringkan terlebih dahulu untuk kemudian di tumbuk. Pembuatan pindang kambing khas Wonogiri ini, biasanya dibungkus dengan daun jati dengan bahan dasar gaplek yang dicampur dengan kikil kambing dan juga jeroan. Walau dalam segi penampilan memang dirasa kurang mengesankan dan cenderung ke arah tidak mengundang selera, namun jangan salah karena setelah mencicipinya nyatanya rasa dari pindang ini mampu memberikan kesan sendiri bagi mereka para pecinta kuliner.

cabuk rambak khas solo
Cabuk
3. Cabuk
Cabuk merupakan kuliner selanjutnya yang harus anda coba saat berada di kota ini. cabuk merupakan makanan khas yang terbuat dari biji wijen dengan warna hitam serta memiliki cita rasa yang unik.  warna hitam yang didapat dari cambuk ini, berasal dari merang padi yang dibakar sehingga menghasilkan warna tersebut. Pengolahan cabuk, biasanya dicampur dengan campuran gula jawa, cabe rawet atau campuran garam sehingga memberi rasa khas tersendiri saat kita mulai menyantapnya. Cara memasak cabuk adalah dengan menggunakan daun pisang yang kemudian di panggang di atas bara api.

Jangan lombok ijo wonogiri
Jangan lombok ijo
4. Jangan lombok ijo
Jangan lombok ijo berasal dari bahasa jawa yang berarti sayur cabai hijau. Dari namanya saja kita akan tau jika masakan berkuah ini dibuat dengan campuran cabai sebagai pelengkapnya. Selain itu, terdapat pula tempe dan juga petai sebagai bahan campurannya.

Terima kasih atas kunjungannya di  tempatwisatanegeri.blogspot.com semoga ulasan yang kami berikan bisa membantu anda dan bermanfaat.

0 Response to "Macam Kuliner khas Wonogiri Jawa Tengah"