5 Desa Wisata Kerajinan Unik Yogyakarta

Yogyakarta merupakan kota yang tidak hanya menampilkan pesona alamnya dan beragam wisatanya. Malioboro dan Tugu yang menjadi ikon kota ini sudah biasa dikunjungi wisatawan. Anda harus mencoba wisata desanya. Di sini Anda akan menemukan wisata kerajinan unik Yogyakarta yang pastinya akan membuat pengalaman Anda berwisata di kota ini lebih berkesan. 


5 Desa Wisata Kerajinan Unik Yogyakarta


Beberapa desa di Yogyakarta terkenal dengan kerajinan tangannya yang dibuat oleh warga di dalam desa tersebut. Sehingga pada akhirnya beberapa desa tersebut menjadi desa wisata yang unik. Setiap desa memiliki karakteristik dan jenis kerajinannya masing-masing. Berikut ini lima desa wisata di Kota Yogyakarta yang terkenal.

Rekomendasi Tujuan Desa Wisata Kerajinan Unik Yogyakarta


Desa Brajan

5 Desa Wisata Kerajinan Unik Yogyakarta


Pertam Desa Brajan, bagi Anda pecinta kerajinan tangan harus mengunjungi desa wisata ini. Lokasinya terletak di Kecamatan Minggir, Sleman Barat, Yogyakarta. Sebagian besar warga desa ini adalah pengrajin bambu. Anda juga dapat belajar menganyam bambu di sini. 

Bagi Anda yang berkunjung di desa ini disarankan untuk membeli oleh-oleh untuk keluarga berupa kerajinan bambu yang diproduksi. Beberapa kerajinan tersebut berupa kotak bambu, kipas, dan kap lampu. Membeli di pusat produksinya langsung, Anda akan mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan di toko oleh-oleh.

Desa Wisata Kasongan

Ini merupakan salah satu desa wisata kerajinan unik Yogyakarta yang terkenal. Desa ini memproduksi beragam kerajinan gerabah yang cantik. Beberapa peralatan dapur seperti buyung, gendi, kuali, dan beberapa peralatan lainnya dihasilkan di desa ini. 

Selain itu juga terdapat kerajinan gerabah berupa pot bunga, lampu hias, dan berbagai miniatur alat transportasi. Lokasinya berada di Pedukuhan Kajen, Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

Desa Wisata Manding

5 Desa Wisata Kerajinan Unik Yogyakarta


Wisata kerajinan unik Yogyakarta ini berlokasi di persimpangan Jalan Parangtritis km 11, tepatnya di Jalan DR Wahidin Sudiro Husodo, Manding, Sabdodadi, Bantul. Untuk menuju lokasi ini cukup mudah karena berada di Jalan Parangtritis yang ramai kendaraan.

Bagi Anda yang menyukai kerajinan, maka di kawasan desa ini terdapat puluhan toko yang menampilkan produk kerajinan tangan dari warga setempat. Toko-toko di kawasan ini berjumlah hingga 40 buah dan berdekatan di setiap tokonya.

Desa ini menunjukkan kerajinan kulitnya seperti jaket, sepatu, tas, ikat pinggang, dompet, dan beberapa aksesoris lain yang terbuat dari kulit.

Desa Wisata Bobung

Terletak di Desa Putat, Kecamatan Patuk, Gunug Kidul, Yogyakarta. Letaknya berdekatan dengan daerah Wonosari sekitar 10 km. Di sini Anda akan menemukan kerajinan batik kayu yang memproduksi topeng dengan beraneka ragam model. 

Di desa ini sudah dilengkapi dengan fasilitas seperti kamari mandi umum dan tempat parkir yang luas. Wisatawan juga bisa menyaksikan proses pembuatan topeng-topeng kayu yang sedang dikerjakan para pengrajin.

Desa Wisata Gamplong

Desa Gamplong, Sumber Rahayu, Mouyudan, Sleman menyuguhkan berbagai kerajinan tenun yang cukup menarik. Kain tenun dihasilkan oleh para warga setempat yang menjadi pengrajin tenun menggunakan alat tenun bukan mesin. 

Masyarakat di sini menghasilkan kain tenun yang akan diolah menjadi stagen atau kain panjang yang digunakan untuk melilit perut bagi wanita. Selain tenun, juga terdapat beberapa kerajinan anyaman dan souvenit. Desa ini terletak di Jalan Raya Water km 14.

Selain itu, para warga juga pandai memanfaatkan eceng gondong, lidi kelapa, mendong, dan akar wangi untuk membuat sejumlah kerajinan istimewa.

Bagi Anda yang sedang berlibur di Yogyakarta tidak ada salahnya untuk mengunjungi berbagai desa wisata tersebut. Di desa wisata kerajinan unik Yogyakarta ini pasti Anda akan tertarik dengan beragam bentuk kerajinan tangannya.

0 Response to "5 Desa Wisata Kerajinan Unik Yogyakarta"