Nikmatnya Sate Ambal dan Es Legen

Nikmatnya Sate Ambal dan Es Legen - Salah satu kuliner menjajikan yang harus anda cicipi ketika berada di Kebumen adalah Sate Ambal dan Es legen. Kedua jenis kuliner ini, merupakan santapan wajib jika anda sedang berada di kota tersebut. Di kota ini, bukan hanya masalah kulinernya saja yang menarik namun banyaknya tempat wisata seperti seperti Goa Petruk dan Goa Jatijajar serta banyaknya pantai- pantai di daerah sana, menjadi alasan tambahan kenapa kita harus mencoba bertandang ke Kebumen.

Menyusuri berbagai tempat wisata disana, akan terasa sempurna jika kita melengkapinya dengan menjajal berbagai kuliner yang berada di tempat tersebut. Seperti yang telah disebutkan di atas, es legen dan sate ambal merupakan satu dari banyaknya pelengkap perjalanan anda ke Kebumen yang harus dicicipi. Sate ambal dan juga es legen, mudah ditemukan di sepanjang jalan menuju tempat parisiwasa atau tepatnya di sepanjang kota Gembong.

Sate ambal bisa kita dapatkan dengan harga yang relatif murah yang berkisar antara 8.000 untuk setiap porsinya. Walau bahan dasar satenya sama seperti sate- sate yang lain namun bumbu yang digunakan membuat rasa sate ini mempunyai citarasa sendiri yang tentunya membuat orang yang menyantapnya ketagihan untuk memakan lagi sate ambal tersebut. Sama seperti dengan sate yang bisa kita temukan di sekitar kita, penyajian sate inipun menggunakan lontong sebagai pelengkapnya. Salah satu penjual sate disana mengatakan bahwa untuk membuat citarasa yang enak dari sate ambal, diperlukan ayam betina untuk bahan dasar sang penjual mengatakan bahkan ayam jago kurang enak dagingnya jika dibuat untuk bahan dasar sate ambal tersebut.

Setelah makan sate ambal, minuman pelengkap yang cocok untuk kuliner ini adalah es legen. legen sendiri berasal dari bahasa jawa legi atau dalam bahasa Indonesianya yaitu manis. Rasa manis yang diciptakan dari es legen ini memang bukanlah rumor belaka. Hal ini disebabkan karena bahan dasar dari pembuatan legen sendiri berasal dari pohon kelapa. Minuman ini banyak sekali ditemukan di daerah Gembong yang merupakan jalan menuju Goa Petruk dan juga Goa Jatijajar, hal ini dikarenakan banyak dari penduduk sana yang mencari nafkah dengan cara menderes pohon kelapa yang salah satunya dibuat es Legen tersebut.

Di kebumen bukan hanya hanya terkenal dengan Goa yang serba alami dan kuliner- kuliner tersebut diatas, namun disana terkenal pula dengan kerajinan tangan seperti halnya keramik, dompet, tas, kipas, topi, tempat tembakau, tatakan gelas, tikar dan lain sebagainya yang tentu saja bisa anda jadikan sebagai buah tangan dalam perjalanan pulang. Sayang bukan ketika anda sudah sampai disana namun tak satupun buah tangan yang dibeli. Terima kasih telah berkunjung di tempatwisatanegeri.blogspot.com semoga bermanfaat.

0 Response to "Nikmatnya Sate Ambal dan Es Legen"