5 Tempat Wisata Di Solo Yang Wajib Di Kujungi

Kota Solo merupakan salah kota di Jawa Tengah yang dikenal sebagai kota budaya. Sejarah kota Solo dahulu masuk dalam wilayah kerajaan Mataram dan pernah menjadi pusat pemerintahan. Sejak adanya perjanjuan Giriyanti di tahun 1775, mataram kini terbagi menjadi dua, yaitu Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogjakarta.

5 Tempat Wisata Di Solo Yang Wajib Di Kujungi


Selain  tradisi yang masih kental, potensi wisata Solo juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. keindahan tempat wisata yang akan memanjakan mata dan memberikan kesan yang tak terlupakan bila Kamu saat berkunjung. Dalam artikel ini kami akan memberikan informasi mengenai tempat wisata di Solo yang wajib Kamu kunjungi. 

Inilah 5 tempat wisata di Solo yang wajib Kamu kunjungi


1. Keraton Surakarta Hadinigrat

Bila Kamu berkunjung ke kota Solo tidak lengkap rasanya jika belum mengunjungi keraton Surakarta Hadinigrat yang merupakan salah satu tempat wisata di Solo, yang kental dengan unsur budaya dan tradisi Jawa dengan catatan sejarah nilai magis dan spiritual yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Sebagian besar kompleks dijadiakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik Kasunanan. Di kraton kamu bisa menikmati warisan budaya yang masih dipertahankan seperti grebeg, sekaten, kirab mubeng beteng atau malam satu sura, pusaka (heirloom) dan tari-tarian sakral.

2. Kampung Batik Kauman 

Bila berkunjung ke kota Solo Kamu wajib mengunjungi kampung batik Kauman yang berlokasi di Jl. Cakra, Kauman, akses dari stasiun Balapan menuju kampung batik Kauman dapat ditempuh dengan menggunakan bus Batik Solo Trans (BTS). 

Kampung batik Kauman merupakan kampung batik tertua di kota Solo dengan lebih dari 30 industri rumahan batik yang memanjakan mata, terdapat 3 jenis batik yaitu batik tulis, batik cap, batik kombinasi cap dan tulis. harga batik bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah, disini Kamu dapat belajar dan melihat langsung proses pembuatan kain batik. 

3. Ngarsopuro Night Market 

5 Tempat Wisata Di Solo Yang Wajib Di Kujungi


Wisata malam yang wajib Kamu kunjungi adalah Ngarsopuro Night market dengan konsep pameran terbuka yang memamerkan barang hasil kreasi kerajinan tangan. Disini Kamu dapat berbelanja barang-barang seperti mainan tradisional, batik, aksesoris khas Solo, dll selain itu terdapat pula kuliner khas Solo yang memanjakan lidah.

Lokasinya berada di Jl. Diponegoro tepatnya didepan Pura Mangkunegara. Yang merupakan tempat yang strategi, pasar malam ini buka hanya pada malam minggu saja atau sabtu malam dan jam ramai penggunjung pada pukul 19.00 WIB sampai 22.00 WIB. 

4. Pkamuwa Water World Solo Baru 

Rekreasi pemandian air Pkamuwa Water World yang akan memanjakan pengunjung dengan wahana dan fasilitas permainan air yang lengkap tidak kurang dari 27 wahana, seperti wave pool (kolam ombak), black hole slide (meluncur melewati lintasan tube tertutup) dan banyak lagi.

Yang berlokasi di komplek Pkamuwa, Jl. Cernara Raya Solo Baru. Jam buka pada hari senin-jumat pada pukul 12.00-18.00 WIB dengan harga tiket Rp.80.000,- per orang  dan sabtu-minggu buka pada pukul 08.00-18.00 dengan harga tiket Rp. 100.000,- per orang.

5. Gojokan Sewu

5 Tempat Wisata Di Solo Yang Wajib Di Kujungi


Tempat wisata di Solo yang wajib dikunjungi adalah gerojokan sewu yang merupakan wisata alam air terjun, Kamu akan dibuat terkesima dengan keindahan dan suara gemuru air terjun yang mencapai ketinggian 100 telapak kaki atau setara dengan 80 meter dan keindahan alam yang mempesona.

Berlokasi di kawasan Tawamangu dengan waktu tempuh dari pusat kota Solo sekitar 1 jam, untuk menuju Gojokan Sewu dapat dengan berjalan kaki atau menggunakan ojek cukup dengan membayar Rp.5.000,- tiket masuk sebesar Rp.17.000,- untuk lokal dan Rp.18.000 untuk tourist 
Itulah daftar tempat wisata di Solo yang wajib kamu kunjungi saat berada di kota yang terkenal dengan tradisinya yang masih kental.

0 Response to "5 Tempat Wisata Di Solo Yang Wajib Di Kujungi"