Cobain Uniknya 5 Tempat Wisata Suku Pedalaman Ini

Menikmati wisata alam dan rekreasi mungkin sudah biasa, namun merasakan sensasi wisata suku pedalaman Anda akan mendapatkan pengalaman yang menarik. Wisata ini juga bisa menjadi jembatan untuk mempelajari keberagaman suku dan budaya di Indonesia. Mungkin beberapa desa primitif jarang dieksplor oleh para wisatawan di Indonesia.

Cobain Uniknya 5 Tempat Wisata Suku Pedalaman Ini


Bagi Anda yang ingin merasakan liburan yang berbeda dari biasanya, maka bisa mencoba berwisata di suku-suku yang ada di Indonesia. Berikut ini beragam suku yang bisa Anda kunjungi untuk tujuan wisata.

Sensasi Wisata Suku Pedalaman


Suku Bajo

Cobain Uniknya 5 Tempat Wisata Suku Pedalaman Ini


Suku ini dikenal dengan masyarakat maritimnya yang menghabiskan seluruh hidupnya sebagian di laut. Untuk tempat tinggal mereka, banyak rumah apung yang berdiri di atas perairan.

Meskipun termasuk dalam suku pedalaman, namun Suku Bajo masih memperhatikan pendidikan. Di daerah tersebut juga terdapat beberapa sekolah dan tempat ibadah. Meskipun dikelilingi perairan laut, tak lantas membuat lingkungan tinggal Suku Bajo tidak terdapat bau amis, air lautnya sendiri bersih dan jernih.

Di perkampungan ini, Anda dapat mempelajari keseharian kehidupan di laut dan kegiatan nelayan dalam menangkap ikan.

Suku Mentawai

Suku ini sudah terkenal memiliki keunikan yang eksotis dan cantik. Sudah diperkirakan ada selama ribuan tahun lamanya. Sebagian besar masyarakatnya masih memiliki kepercayaan animisme dan dinamisme. Pada awalnya mereka penghuni Suku Mentawai sempat menganut paham Sabulungan atau percaya bahwa segala sesuatu termasuk benda mati memiliki ruh.

Liburan wisata suku pedalaman di Mentawai, Anda harus melihat secara langsung kebudayaan dan kehidupan masyarakatnya. Meskipun perjalanan tidak mudah yang harus melewati sungai dan jalan berliku, namun Anda dijamin puas dengan liburan Anda.

Suku Dani



Suku Dani merupakan suku asli Papua yang kaya akan kebudayaan. Suku ini merupakan salah satu yang mendiami keseluruhan wilayah Jayawijaya hingga puncaknya.

Di sini Anda akan melihat bahwa Suku Dani masih sangat menghormati nenek moyangnya dan mempercayai kesaktian nenek moyangnya. Salah satu bentuk penghormatannya yaitu dengan mengadakan pesta babi.

Mungkin sebagian besar dari Anda sudah mengenal tradisi potong jari yang terkenal di Papua. Tradisi ini dilakukan ketika kehilangan salah satu anggota keluarganya karena meninggal. Dengan wisata suku pedalaman ini Anda bisa menyaksikan Festival Lembah Baliem Wamena yang diselenggarakan setiap tahunnya pada bulan Agustus. Cukup menarik, bukan?

Suku Dayak

Suku Dayak merupakan salah satu suku pedalaman yang tinggal di Kalimantan Tengah. Kehidupan mereka masih nomaden. Suku Dayak sendiri terdiri dari beberapa anak suku antara lain, Suku Dayak Kenyah, Tunjung, Hiban, Bahau, Basaf, Punan, dan beberapa lainnya.

Untuk mengunjungi Suku Dayak dengan kehidupan yang lebih modern maka Anda dapat datang ke Taman Budaya Pampang di Samarinda. Di sini tinggal Suku Dayak Kenyah yang diperkirakan sudah bermigrasi pada tahun 1967.

Wae Rebo

Berada di Kecamatan Satarmase, Kabupaten Manggarai, NTT. Wae Rebo merupakan desa adat yang terletak di daerah pegunungan dan daerah perkotaan. Saat berada di desa ini Anda harus siap hidup tanpa ponsel karena jangkauan sinyal yang tidak sampai. Bagi Anda yang ingin berlibur di tempat dengan udara sejuk dan jauh dari keramaian, maka tempat ini sangat cocok.

Masyarakat suku yang ramah tinggal di sebuah rumah berbentuk kerucut. Ini merupakan suku yang terkenal, sehingga selain belajar tentang adat, Anda juga bisa berinteraksi dengan turis asing yang berkunjung.

Itulah 5 daerah yang bisa Anda jadikan tujuan wisata suku pedalaman. Anda selain dapat belajar mengenai adat dan kebudayaan masing-masing suku, juga bisa berinteraksi dengan masyarakat setempat.

0 Response to "Cobain Uniknya 5 Tempat Wisata Suku Pedalaman Ini"