Intip Menariknya Tempat Wisata Suku Baduy, Banten

Menikmati keindahan alam sekaligus wisata budaya dapat Anda dapatkan di Suku Baduy. Tempat wisata Suku Baduy yang hidup jauh dari dunia luar ini memiliki ketertarikan sendiri bagi beberapa wisatawan. Kearifan lokal yang masih terjaga di dalam lingkungan tersebut meskipun perkembangan teknologi semakin pesat. Kehidupan yang jauh dari kata praktis tak lantas membuat suku ini meninggalkan budayanya.

Intip Menariknya Tempat Wisata Suku Baduy, Banten


Suku Baduy sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam. Para wisatawan banyak yang berkunjung ke daerah ini untuk belajar dan ingin mengetahui kehidupan sehari-hari masyarakat yang hidup di dalamnya. Suku Baduy, sebuah desa wisata yang terletak di kaki pegunungan Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Labak, Banten. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Suku Baduy, sebaiknya mengetahui hal-hal berikut.

Hal Penting Saat Berkunjung ke Tempat Wisata Suku Baduy


Kekuatan Fisik

Intip Menariknya Tempat Wisata Suku Baduy, Banten


Kondisi fisik yang kuat itu penting untuk persiapan Anda dalam melakukan perjalanan ke Suku Baduy yang tidak mudah itu. Kondisi badan sehat dan fit akan membantu. Bila perlu, Anda biasa menyiapkan beberapa perlengkapan obat-obatan apabila terjadi sesuatu di perjalanan.

Karena untuk sampai ke Suku Baduy, perjalanan murni menggunakan kaki melewati jalan setapak dan tidak dijangkau oleh alat transportasi. Ini bukan sekedar wisata biasa yang hanya memikirkan bersenang-senang, namun perlu perjuangan yang lebih untuk sampai ke tempat wisata Suku Baduy.

Membawa Bekal Sendiri

Jika dilihat, di Suku Baduy masih jarang terdapat penjual makanan. Para warga setempatnya biasa menyimpan bahan makanannya dari hasil pertanian di sebuah lumbung padi yang disebut leuit. Apabila ingin membeli makanan pun, Suku Baduy harus ke desa terakhir sebelum memasuki perkampungan Baduy Luar, yaitu Ciboleger. 

Maka agar tidak susah, Anda disarankan untuk membawa bekal makanan mentah sendiri yang bisa diolah di sana bersama keluarga yang punya rumah tempat Anda tinggal. Anda juga bisa memberikan bahan makanannya kepada mereka.

Membawa Peralatan Outdoor

Intip Menariknya Tempat Wisata Suku Baduy, Banten


Perjalanan yang akan ditempuh menuju Suku Baduy tidak lah gampang. Karena Anda harus melewati banyak rintangan saat berjalan menyusuri hutan-hutan dan jalanan berliku. Untuk ini sebaiknya Anda menggunakan sepatu gunung yang kuat untuk berjalan menuju lokasi tempat wisata Suku Baduy.

Di Suku Baduy sendiri fasilitasnya masih terbatas, misalnya belum terdapat lampu yang menyinari terutama untuk Suku Baduy Dalam Oleh sebab itu, Anda membutuhkan perlengkapan yang sekiranya dapat membantu seperti senter, peralatan tidur, dan lainnya.

Taati Aturan

Berkunjung ke tempat orang memang seharusnya untuk mematuhi peraturan yang telah berlaku di  tempat tersebut. Adapun salah satu peraturan yang harus Anda patuhi adalah adanya larangan mengambil foto maupun video. Selain itu, untuk para pengunjung dilarang menggunakan sabun, shampoo dan produk-produk pembersih badan lainnya ketika mandi di sungai. Adanya larangan tersebut maka sebaiknya Anda patuhi demi kenyamanan wisata Anda.

Membeli Souvenir

Berwisata ke suku pedalaman tidak lengkap apabila tidak membawa pulang souvenir dan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Meskipun suku ini masih primitif, tetapi di sana terdapat toko-toko yang menyediakan beragam souvenir untuk dibeli para wisatawan.

Souvenir ini antara lain berupa shal, gantungan kunci, tas, gelang, kain tenun, dan masih banyak lagi yang dibuat oleh masyarakatnya. Tidak lupa dengan kain khas Suku Baduy yang dibuat menggunakan mesin tenun tradisional.

Itulah lima hal yang harus Anda ketahui untuk datang ke tempat wisata Suku Baduy agar wisata budaya Anda menyenangkan. 

0 Response to "Intip Menariknya Tempat Wisata Suku Baduy, Banten"